Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Sistem POS untuk Usaha F&B

Must Read

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Sistem POS untuk Usaha F&B –  Semakin berkembangnya zaman dan teknologi memiliki dampak pada kegiatan manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia saat ini sudah menggunakan bantuan teknologi, salah satunya adalah keiatan jual beli. Dahulu, kegiatan jual beli dilakukan secara tradisional dengan pencatatan yang masih manual dan tanpa menggunakan mesin kasir sehingga memerlukan waktu lebih dalam pencatatannya. Seiring berjalannya waktu, terciptalah mesin kasir hingga saat ini sistem Point of Sale (POS) yang dapat dijadikan sebagai pengganti mesin kasir.

Penciptaan sistem POS digunakan untuk membantu para pengusaha mempermudah pencatatn transaksi sehingga pekerjaan lebih efektif dan cepat. Namun, walaupun sudah cukup canggih tidak bisa dipungkiri sistem tersebut sempurna. Lalu,apakah program POS memiliki kelebihan dan kekurangan?

Kelebihan Sistem Point Of Sale (POS)

  1. Dapat Diakses Dimana Saja
    Sistem Point of Sale kompatible di berbagai perangkat seperti smartphone,komputer, laptop, hingga tab. Karena kemudahan dalam mengakses sistem tersebut, sistem kasir sangat membantu bagi Sobar Resti yang memiliki usaha dalam memantau data transaksi yang masuk walaupun sedang tidak berada ditempat.
  2. Data Lebih Realtime
    Dengan adanya fitur realtime, dapat membantu pemilik untuk langsung mendapatkan data dari lapangan secara langsung. Oleh karena itu, sangat membantu agar data tidak dapat dimanipulasi.
  3. Sistem Keamanan yang Terjamin
    Adanya sistem otorisasi, pemilik usaha tidak perlu risau adanya kebocoran data oleh karyawan. Sistem keamanan didesain dengan peran yang dilakukan dalam usaha tersebut. Biasanya laporan hanya dapat diakses oleh pemilik saja, begitupun yang lainnya hanya bisa mengakses fitur yang sudah ditentukan.
  4. Manajemen Stock
    Pengecekan stock yang tersedia semakin mudah dengan menggunakan sistem POS. Pengecekan secara manual akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit. Untuk itu, menggunakan sistem ini pengecekan akan semakin mudah dan cepat karena dapat mengetahui laporan produk yang masuk dan keluar. Laporan lainnya juga dapat digunakan untuk mengetahui produk apa yang paling banyak dibeli oleh masyarakat. Sehingga dapat dilakukan evaluasi setiap bulannya.
  5. Mode Offline
    Saat ini, sistem POS sudah ada yang menyediakan fitur mode offline seperti Jova Resto. Fitur ini dapat mempermudah agar transaksi tetap jalan walaupun tidak ada internet sekalipun.

Kekurangan Sistem Point Of Sale (POS)

  1. Rentan Terkena Virus
    Karena berbentuk software, tidak bisa dipungkiri adanya ancaman virus. Untuk itu, Sobat Resti dapat berhati – hati ketika menggunakan software POS. Namun, anda bisa melakukan dengan pengecekan program menggunakan anti virus agar tdak mengganggu oprasional usaha anda.
  2. Kapasitas Penyimpanan
    Adanya peng-upgrade an pada sistem, membuat kapasitas penyimpanan device mengalami kenaikan. Untuk mengurangi hal tersebut, Sobat Resti dapat mengapus cache agar peinyimpan dan keadaan device lebih optimal.
  3. Tampilan
    Sistem POS yang dapat diakses di berbagai device dikhawatirkan jika tampilan terlihat kurang jelas atau kecil, contohnya seperti di smartphone. Untuk itu, perlunya memilih kualitas tampilan dari Sistem POS yang diciptakan agar Sobat Resti tidak merasa rugi ketika menggunakannya.
  4. Minimnya Pengetahuan Sistem POS
    Kurangnya informasi tentang Sistem POS membuat pemilik usaha masih tetap menggunakan sistem manual dalam menjalankan usaha mereka. Untuk itu, adanya pemberian infromasi tentang sistem POS yang cocok untuk usaha kecil maupun besar bisa menghubungi tim Jova Resto, karena Sobat Resti bisa tanya dan ada free demo.
  5. Biaya
    Biaya yang mahal membuat pemilik usaha mengurungkan niatnya untuk menggunakan sistem POS. Untuk itu jika mencari Sistem POS yang bagus dan murah serta sangat sesuai dengan bisnis kamu, bisa coba Jova Resto. Jova Resto sedang ada gratis 6 bulan penggunaan yang pastinya hemat banget.

Nah, itu dia beberapa Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Sistem POS untuk Usaha F&B yang dapat kamu jadikan pertimbangan untuk menggunakan sistem POS. JIka kamu mencari Sistem POS yang user friendly, murah, lengkap, dan terpercaya, solusinya  bisa coba Jova Resto.

jovaresto.com

Latest Post

More News Like This